Bagi Perusahaan
• Memperluas pasar
hingga mencakup pasar nasional dan pasar global, sehingga perusahaan bisa
menjangkau lebih banyak pelanggan, memilih pemasok terbaik, dan menjalin relasi
dengan mitra bisnis yang dinilai paling cocok.
• Menekan biaya
menyusun, memproses, mendistribusikan, menyimpan, dan mengakses informasi
berbasis kertas (paperbased information).
• Memungkinkan
perusahaan mewujudkan bisnis yang sangat terspesialisasi.
Contohnya:
www.dogtoys.com, www.cattoys.com, dan www.pawprintbooks.com
• Menekan biaya persediaan
dan overhead dengan cara memfasilitasi manajemen rantai nilai bertipe “pull”,
yang prosesnya berawal dari pesanan pelanggan dan menggunakan pemanufakturan
just-intime (JIT).
• Memungkinkan
perusahaan untuk menerapkan mass customization terhadap produk dan jasanya.
• Menekan waktu
antara pembayaran dan penerimaan produk/jasa.
• Meningkatkan
produktivitas karyawan melalui rekayasa ulang proses bisnis.
• Menekan biaya
telekomunikasi.
• Manfaat-manfaat
lainnya, seperti citra yang lebih baik, layanan pelanggan yang lebih bagus,
proses yang lebih sederhana, mitra bisnis yang baru, waktu siklus dan
pengiriman yang lebih singkat, akses terhadap informasi yang lebih luas, biaya
transportasi yang lebih murah, dan fleksibilitas yang lebih tinggi.
• Fenomena jejaring
(internetworking) memaksa perusahaan untuk bekerja sama dengan berbagai mitra
bisnis untuk dapat menawarkan produk atau jasa secara kompetitif, sehingga
kontrol kualitas, harga, dan kecepatan penciptaan sebuah roduk atau jasa kerap
sangat ditentukan oleh faktorfaktor luar yang tidak berada di dalam kontrol
perusahaan
Bagi Customer
• Memungkinkan
konsumen berbelanja atau melakukan transaksi lainnya setiap saat (24 jam
sehari) dan dari hampir semua lokasi.
• Memberikan
pilihan produk dan pemasok yang lebih banyak kepada pelanggan.
• Memungkinkan
konsumen dalam mendapatkan produk dan jasa yang lebih murah, karena konsumen
bias berbelanja di banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.
• Dalam beberapa
kasus, terutama produk yang terdigitalisasi, e-business memungkinkan pengiriman
produk secara cepat dan real-time.
• Memungkinkan
pelanggan untuk berpartisipasi dalam lelang virtual.
• Memungkinkan
pelanggan berinteraksi dengan pelanggan lainnya dalam electronic communities
dan saling bertukar gagasan serta pengalaman.
• Memfasilitasi
kompetisi yang mengarah pada diskon substansial bagi pelanggan.
Bagi Masyarakat Luas
• Memungkinkan
lebih banyak orang bekerja di rumah dan lebih jarang bepergian untuk
berbelanja, sehingga kemacetan dan polusi udara bisa berkurang.
• Memungkinkan
beberapa jenis barang dijual dengan harga murah, sehingga bias terjangkau oleh
orang yang kurang mampu.
• Memungkinkan
masyarakat di negara berkembang dan kawasan pedalaman menikmati produk dan jasa
yang relatif langka di tempat tinggalnya, termasuk di dalamnya belajar jarak
jauh lewat euniversity.
• Memfasilitasi
penyampaian jasa publik, seperti pelayanan kesehatan, pendidikan, dan
distribusi layanan social pemerintah secara lebih murah dan/atau berkualitas.