Assalamualaikum Wr Wb.. Selamat datang di e-MasterCom. Blog yang ditujukan penulis sebagai arsip dalam perjalanan hidupnya.
Jumat, 11 September 2015

Saya sering mendapat broadcast message via blackberry messenger (BBM) sebuah link video sangat panjang. Dari segi tampilan, tentu akan merusak pandangan, url tersebut tidak bisa dibaca. Andai saja pengirim pesan tersebut mengetahui cara memendekkan url, pasti link yang dikirim akan menjadi lebih simpel dan nyaman dilihat, hehe.
Contoh lain lagi, saya paling sedih sekaligus sebel jika ada mention twitter yang menyertakan suatu url blog dengan judul panjang. Url tersebut akan tertimpa tulisan setelahnya, istilah lainnya twit longer apa ya?😆 Pasalnya tweet itu ketika dicopy, linknya tidak hidup. Padahal quote reply harus copas tweet orang yang mention kita. Terkadang ada beberapa jenis handphone yang langsung mengubah url panjang menjadi short url, tapi tak begitu dengan ponselku, hiks :(
Seandainya orang-orang tadi mengetahui bagaimana cara memendekkan url, pasti akan sangat membantu saya. Padahal memendekkan url itu tidak membutuhkan waktu yang lama dan sangat mudah, cukup 5 langkah memendekkan url:
  1. Copy URL yang akan dipendekkan
  2. Ketik website short url
  3. Paste URL (yang panjang) ke dalam website tersebut
  4. Klik shorten (sesuai dengan website pemendek url)
  5. Copy kembali url yang sudah menjadi pendek
Eh ternyata jika dipisah-pisah perlangkah jadinya panjang juga, padahal belum termasuk memasukkan capcay untuk sebagian website, haha. Tapi gampang kok, tidak seperti dalam teori, muter-muter saja. Baik, inilah 6 website untuk memendekkan url yang biasa saya gunakan. Saya urutkan berdasarkan frekuensi penggunaannya:

1. Bitly.com

6 website untuk memendekkan url, cara memendekkan url
Paste url yang akan dipendekkan ke dalam kotak teratas, lalu klik tombol shorten. Tombol tersebut akan berubah menjadi tombol copy setelah di klik dan otomatis memendekkan url. Untuk bisa custom URL Anda harus daftar atau signup terlebih dahulu.
Bitly.com merupakan salah satu yang paling sering saya gunakan. Selain bisa memendekkan url dan membuat URL unik semau kita, bitly juga dapat melacak semua aktifitas dari url yang kita pendekkan. Semacam berapa kali url tersebut diklik dan lain sebagainya. Tapi Anda harus mendaftar terlebih dahulu untuk mendapatkan fungsi tersebut.

2. Goo.gl

Tools ini milik google. Sign in terlebih dahulu menggunakan akun google kamu agar tidak disuruh memasukkan kode captcha. Prosesnya kurang lebih sama dengan yang tadi, tinggal copy url panjang yang akan dipendekkan dan paste ke tools tersebut.
6 website untuk memendekkan url, googl, fungsi short url, tracking short url
Goo.gl dapat berfungsi sebagai alat pelacak (tracking) juga seperti bit.ly, Anda harus membuat akun google terlebih dahulu. Jika sudah punya, silakan sign in saja.

3. Bit.do

Sama seperti kebanyakan tools sebelumnya, bit.do dapat memendekkan URL. Kabar baiknya Anda bisa mengubahnya dengan kata yang sesuai keinginan (custom url) tanpa login atau membuat akun terlebih dahulu. Caranya, setelah memasukkan long url di kotak paling atas, ketikkan kata atau apapun sesuai keinginan di kotak bawahnya, lalu klik shorten. Maka url panjang tadi akan berubah sekejap menjadi kata yang anda ingininkan.
Contoh, saya akan memendekkan url berikut:
http://aritunsa.com/6-website-untuk-memendekkan-url
Kata yang saya masukkan di kotak nomor dua adalah PemendekUrl (harus tidak ada spasi, karena ini url). Maka dengan menggunakan bit.do, url saya menjadi seperti ini:
http://bit.do/PemendekUrl
Kelebihan lainnya, untuk tracking Anda juga tidak perlu sign in. Cukup menambahkan tanda (-) “tanpa tanda kurung” pada url setelah dipendekkan. Misalnya http://bit.do/PemendekUrl-

4. Mcf.ee

Meskipun kurang begitu terkenal, perusahaan antivirus Mc Afee juga punya tools untuk memendekkan url. Buka situs mcf[dot]ee, dan siap digunakan untuk memendekkan url. Agak berbeda dari tools sebelumnya, tombol shorten di mcafee adalah go.

5. Ow.ly

Tools ini sangat unik. Tombol shorten di ow.ly adalah shrink it. Setiap akan memendekkan url, kita harus memverifikasi terlebih dahulu bahwa ktia adalah manusia. Cara verifikasinya unik, ada beberapa pilihan, salah satu yang menyenangkan adalah verifikasi dengan game. Cara verifikasi ini baru ada di ow.ly sepertinya. Game bisa berupa pasang puzzle, atau mengarahkan benda-benda yang bergerak ke tong sampah.
Setelah game complete, klik continue dan url akan memendek. Gamenya nggak susah kok, hanya untuk verifikasi saja, gampang. Yah, bagi saya lebih baik verifikasi menggunakan game daripada capcay yang memusingkan itu.

6. Tiny.cc

Tombol untuk memendekkan url di tiny.cc yaitu ting!
Prosesnya sama seperti yang lain, hanya copas lalu klik ting! sambil memejamkan sebelah mata anda, haghaghag. Becanda. Oiya, tiny[dot]cc ini juga ada fasilitas custom url lho, sama seperti bit[dot]do
Demikian 6 website untuk memendekkan url versi Tunsa. Sebenarnya website untuk memendekkan url itu ada banyak sekali, tapi saja sudah cukup untuk menjadi referensi. Itupun yang sering saya gunakan hanya nomor satu dan dua saja. Semua itu tergantung selera anda. Short url lebih mudah dihafal dan diingat daripada long url yang bikin mata siwer, dan yang lebih penting adalah GRATIS.

sumber : http://aritunsa.com/6-website-untuk-memendekkan-url/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Eko Nopyanto

Ini adalah blog pribadi, dimana saya akan membagikan apa yang saya pelajari, buku yang saya baca, dan orang yang saya temui . Saya harap kalian bisa bergabung dalam blog ini...Read More

Translate

Coment Box

- Copyright © Eko Nopyanto -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Eko Nopyanto -